Lembaga riset iSuppli melaporkan hasil penelitian terbarunya seputar penjualan PC (personal computer) di pasar Asia pada triwulan I/2010 meningkat 22,7% dibandingkan triwulan I/2009. Pertumbuhan penjualan tersebut merupakan peningkatan penjualan tahunan terbesar sejak tahun 2003. Industri komputer berhasil mengapalkan sekitar 81,5 juta unit sepanjang bulan Januari hingga Maret tahun 2010, dibandingkan 66,5 juta pada periode yang sama tahun 2009.
Mengutip data dari IDC, untuk tahun fiskal 2010, pertumbuhan pengiriman komputer PC mencapai 62%. Tak hanya itu, kini Indonesia juga dinobatkan sebagai pasar notebook konsumer terbesar di Asia Pasifik. Tren di Indonesia memang sedang mengarah kepada meningkatnya porsi pengguna komputer di sektor rumahan. Saat ini komputer tak lagi hanya digunakan di kantor-kantor. Buktinya, bila pada tahun 2009 porsi pengguna komputer di sektor rumahan adalah 49%, pada tahun 2010 porsi itu meningkat menjadi 64%. Sementara itu, pertumbuhan penjualan pada tahun 2010 di sektor perusahaan kecil juga mengalami peningkatan 1% dari tahun sebelumnya menjadi 18%. Pada tahun 2011, pengguna komputer rumahan diprediksi meningkat lagi menjadi 68%.
Pertumbuhan pasar komputer Indonesia yang sangat tinggi terbukti dari penyelenggaraan Pameran Komputer Nasional IT Expo pada awal Juni 2010 di Surakarta, Jawa Tengah. Di luar dugaan, pameran tersebut berhasil melampaui target penjualan sebesar Rp10 miliar. Dari sisi pengunjung pun melebihi yang ditargetkan. Dari 50 ribu orang yang diharapkan datang, ternyata yang hadir 55 ribu orang. Penjualan terbanyak tetap didominasi netbook atau notebook, yaitu sebanyak 2 ribu unit. Merek yang banyak terjual antara lain Acer, HP, dan Dell.
Melihat hal ini, Taiwan semakin gencar memasarkan berbagai macam produk asal negara itu di Indonesia melalui program kampanye “Taiwan Excellence” oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA). Taiwan Excellence menawarkan produk dengan desain dan manufaktur kelas dunia dengan menawarkan 19 merek produk informasi tekhnologi. Kampanye dengan slogan Excellence Lifestyles tersebut bersama dengan 19 merek produk informasi komunikasi dan teknologi (ICT) seperti merek-merek Acer, Asus, BenQ, Trend Micro, Mio Technology, MSI, dan D-Link.
Setelah pasar komputer nasional diramaikan dengan netbook beberapa waktu terakhir, saat ini pasar komputer nasional mulai diramaikan dengan komputer tablet. Namun demikian, Apkomindo yakin penjualan tablet komputer tidak akan mengganggu penjualan netbook. Meskipun hampir mirip, tapi ada beberapa fungsi berbeda dari netbook yang tidak dapat dipenuhi komputer tablet. Selain itu, layar komputer tablet juga lebih kecil dibandingkan netbook, dan masih banyak orang yang tidak nyaman untuk membaca di layar kecil.
Segmen netbook lebih luas dibandingkan komputer tablet. Anak sekolahan maupun pengguna komputer pemula tentu saja lebih memilih netbook dibandingkan komputer tablet. Tidak hanya itu, harga netbook tetap lebih murah dibandingkan komputer tablet. Beberapa produsen yang memproduksi komputer tablet kebanyakan juga memproduksi netbook, jadi tentu saja akan memberikan harga yang tidak akan saling merugikan.
Meski komputer tablet disebutkan tak akan mampu menggantikan produk yang sudah lebih dulu ada seperti notebook, namun belasan perusahaan sudah menyiapkan komputer tablet pada tahun 2010 ini dan akan bersaing memperebutkan pasar sebesar 4 juta unit/tahun. Pada tahun 2015, pasar akan tumbuh menjadi 57 juta unit/tahun. Yang dimaksud dengan komputer tablet adalah komputer dengan layar sentuh selebar 5 sampai 11 inci, memiliki konektivitas wi-fi, dapat memainkan video serta game.
Fokus utama media komputer tablet adalah di bidang hiburan. Sebuah komputer tablet tidak akan menggantikan laptop, netbook, atau ponsel. Akan tetapi, komputer tablet akan tetap menjadi produk premium atau produk mewah di sejumlah kawasan, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Komputer tablet mulai marak pada ajang Computer Electronics Show 2010, di Las Vegas pada Januari 2010 lalu.
Produsen yang hadir di pasar komputer tablet terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah produsen lawas di bidang komputer seperti Asus, HP, dan Lenovo. Sementara kategori kedua adalah produsen baru yang berkapasitas lebih kecil seperti ICD dan Notion Ink. Produsen baru ini umumnya menganggap tablet PC merupakan jalan masuk mereka ke industri komputer.
Kesimpulan
Bisa disimpulkan di negeri kita ini terutama di Tahun 2010, penggunaan perangkat komputer seperti Netbook, PC desktop maupun PC tablet sudah mulai meningkat. Apalagi dengan munculnya PC tablet seperti IPad yang memiliki bentuk yang unik serta kegunaan yang tidak kalah dengan jenis komputer yang lainnya. Kenaikan penjualan pasaran seperti ini , bisa juga disebabkan munculnya situs-situs pertemanan seperti Twitter, Facebook, Koprol,dan masih banyak lagi. Dari munculnya situs-situs internet tersebut, maka banyak orang yang mulai tertarik untuk menggunakan teknologi komputer untuk mengakses situs tersebut. Selain itu juga dari faktor pendidikan juga mendukung, dimana terdapat istilah yaitu e-learning dimana memungkinkan pelajar untuk belajar melewati teknologi komputer.
Sekian dari kesimpulan yang saya berikan, saya ucapkan terima kasih.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar